Lebaran merupakan hari yang ditunggu kaum muslimin seluruh dunia usai menunaikan puasa Ramadan selama satu bulan. Hari yang penuh sukacita yang mana kaum muslimin dibolehkan makan dan minum pada hari itu. “Ied” menurut bahasa Arab menunjukkan sesuatu yang kembali berulang-ulang, baik dari sisi waktu atau tempatnya.

Indonesia sebagai sebuah negara demokrasi, kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945. Sejalan dengan prinsip demokrasi, perubahan UUD 1945 berlanjut dengan pemuatan hak-hak asasi manusia, di mana kebebasan berserikat dijamin sebagai hak konstitusional.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillahirrahmaaniirrahiim,
Allahumma shali ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Bulan Ramadan sebentar lagi pergi. Kegembiraan menyambut Ramadan sudah dilakukan dengan beragam cara. Di seluruh penjuru bumi umat Islam menjalani wajib berpuasa setiap tahun selama 29 atau 30 hari.

Islam merupakan ajaran agama yang paling sempurna. Allah hanya meridhai Islam di dunia dan akhirat.

Perayaan musim haji belum berakhir. Kesempatan ini hanya datang setiap sekali dalam setahun. Kebiasaan masyarakat menghargai mereka sepulang dari berumrah dan berhaji sangat berbeda-beda.

وَإِنَّ هَٰذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاتَّقُونِ

Sesungguhnya agama tauhid ini adalah agama kamu semua, agama yang satu, dan Aku (Allah) adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepada-Ku (QS. Al Mu’minun 52)

Wahai saudara-saudariku, apabila hari ini engkau membaca tulisan ini kemudian tersenyum lalu terharu, maka berbahagialah bahwasanya di dalam hatimu masih ada secercah hidayah.

Membahas fenomena pengemis dari kacamata kearifan, hukum, dan keadilan, maka harus dibagi menjadi dua kelompok.

Ancaman bagi pemakan riba atau orang yang memanfaatkan uang hasil riba. Dia akan dibangkitkan dari kuburnya pada hari kiamat seperti orang yang kesurupan setan lantaran gila.

Keheningan malam di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) tersibak terang ketika puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah & Komunikasi Islam (STIDKI) Al Aziz Batam berkumpul di lokasi, Kamis (10/11/2016) malam.

Semua yang terjadi di dunia ini tidak lepas dari qadha’ dan qodar (takdir) yang ditetapkan Allah. Dalam hadis shahih Muslim dari ‘Abdullah bin ‘Amr Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;